Menurut beberapa ahli dan penelitian, disebutkan sebagian pasangan yang melakukan hubungan seksual ketika masa ovulasi wanita terjadi, maka dari itu kesempatan untuk terjadi kehamilan sangat tinggi. Ovulasi merupakan salah satu bagian dari sebuah proses dan siklus haid, di mana indung telur wanita mengeluarkan telur yang matang dan siap untuk dibuahi sperma.

Masa ovulasi atau juga masa subur,yaitu sebuah proses alamiah pasti terjadi pada setiap wanita yang sehat tentunya, tanpa ada gangguan kesehatan reproduksi dan juga diatur oleh bagian otak yang disebut dengan hipotalamus. Hipotalamus memiliki fungsi untuk menghasilkan hormon-hormon reproduksi wanita, yaitu luteizining hormone dan f(FSH).

Hasil gambar untuk Masa Ovulasi Femometer

Dalam proses ovulasi, terdapat beberapa tahap yang perlu Kamu ketahui, yaitu, Periovulaatori atau tahapan folikular, merupakan tahapan dimana lapisan sel-sel telur mulai dilapisi dengan lendir dan bersiap untuk bergerak kearah rahim Sementara itu, rahim sudah mulai siap untuk menerima sel telur, sehingga dinding-dinding Rahim selanjutnya akan menebal.

Masa Ovulasi Pada tahap ini, terdapat enzim khusus yang dimiliki tubuh yang bertugas untuk membentuk lubang yang memudahkan sel telur bergerak melalui tuba falopi – saluran yang menghubungkan indung telur ke rahim. Selanjutnya sel telur yang sudah matang langsung masuk ke dalam saluran dan melewatinya sehingga mencapai rahim. Dalam tahap ini, biasanya terjadi pembuahan. Pembuahan pastinya akan terjadi di tuba falopi dan kemudian berlangsung sekitar 24 sampai 48 jam.

Tahapan luteal, masa ovulasi ini dimana telur yang sudah berhasil dibuahi oleh sperma, maka telur tersebut akan langsung ditanam tubuh di dinding-dinding rahim dengan bantuan hormon LH. Namun apabila tidak terjadi pembuahan sama sekali ketika telur berada di tuba falopi, maka telur dan dinding rahim yang sudah menebal akan meluruh.

Dinding rahim penuh dengan pembuluh-pembuluh darah, sehingga jika dinding tersebut meluruh akan keluar darah dari vagina dan saat itulah Kamu mengalami haid. Pada dasarnya mengetahui ciri ovulasi sangat penting, karena bisa merencanakan momongan bersama pasangan agar mempunyai persiapan yang mapan.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *