Seringkali saat kita sudah bekerja keras untuk mendapatkan gaji bulanan, namun ketika sudah mendapatkannya gaji tersebut terasa begitu cepat habis. Padahal Anda sudah yakin bahwa Anda tidak melakukan banyak pengeluaran, apalagi di saat pertengahan bulan, Anda sudah merasa tidak memiliki apa-apa lagi. 

Fenomena seperti ini banyak dialami oleh para pekerja kantoran yang pada umumnya tidak sadar bahwa mereka telah melakukan banyak pengeluaran. Nah, agar gaji Anda tidak hanya sekedar “numpang lewat” maka berikut klikMaMI akan membagikan sedikit tips dan trik Investasi reksadana tentang bagaimana caranya menjadikan gaji bulanan Anda tidak cepat habis, bahkan bisa menabung secara rutin!

Investasi reksadana
Investasi reksadana

Kira-kira seperti apa caranya? Simak artikel dari KlikMami selengkapnya berikut ini. Antara lain:  

1. Jika Anda punya kartu kredit, maka bijaklah ketika  menggunakannya 

Jika sudah gajian, banyak orang yang tak terkendali untuk segera membeli ini dan itu, apalagi dengan menggunakan kartu kredit. Meskipun kartu kredit sangat membantu Anda dalam bertransaksi, namun ingatlah dibalik itu semua masih ada hutang yang harus Anda bayar di bulan berikutnya. 

Jangan mudah tergoda dan terlena dengan segala macam kemudahan yang ditawarkan oleh kartu kredit tersebut. Caranya, pastikan bahwa Anda mampu menahan selera Anda dan pastikan hanya akan membeli barang-barang atau apapun yang sangat Anda butuhkan bukan hanya sekedar yang Anda inginkan. 

2. Perbaiki cara Anda belanja kebutuhan 

Saat sudah menerima gaji, maka dengan seketika Anda membeli berbagai barang untuk belanja kebutuhan Anda. Biasanya, di titik ini banyak orang yang membeli “sesuatu” yang bahkan ia tidak butuhkan. Cobalah untuk menetapkan skala prioritas terbaik untuk membeli barang-barang apa saja yang memang Anda butuhkan. Anda bisa membagikan ke dalam beberapa bagian, seperti misalnya kebutuhan harian, mingguan ataupun bulanan. 

Tak hanya itu, untuk mendapatkan hasil yang maksimal, maka Anda bisa melakukan pencatatan secara rutin tentang apa saja yang rutin akan Anda belanjakan setiap Anda mendapatkan gaji bulanan. Kesimpulannya, rencanakan secara baik dan matang setiap pembelanjaan Anda.

3. Prioritaskan pembayaran angsuran 

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa Anda tentu tidak mau hidup dengan sistem gali lubang tutup lubang untuk membayar hutang bukan? Maka dari itu, pastikan Ada jadikan prioritas pertama saat mendapatkan gaji bulanan adalah untuk membayar angsuran atau cicilan yang Anda miliki.

Di titik ini, banyak orang yang terlena dan bahkan mendahulukan berbagai macam pembelian yang tidak perlu sehingga melupakan apa yang seharusnya menjadi prioritas. Alhasil, hutang pun semakin menumpuk. 

4. Anda harus berinvestasi! 

Jika Anda ingin mendapatkan ketenangan dan kepastian dalam hal keuangan di masa depan, maka pastikan Anda untuk berinvestasi. Ya, dengan berinvestasi Anda akan menjaga gaji Anda tersebut tidak cepat habis, sekaligus sebagai cara untuk Anda menambah pundi-pundi uang di masa depan. Anda pun bisa mencoba investasi yang sesuai dengan taraf ekonomi Anda, salah satunya adalah investasi Reksadana. 

Investasi Reksadana ini bisa dikatakan sebagai investasi yang paling mudah, paling murah, dan paling cocok dilakukan oleh segala macam tingkatan masyarakat, termasuk Anda yang bekerja sebagai karyawan kantoran. Investasi Reksadana sendiri sangat aman, karena sudah ditetapkan oleh perundang-undangan. 

Jika sudah gajian, Anda bisa menyisihkan sedikitnya sekitar Rp 100.000 untuk Anda mulai investasi Reksadana. Dengan begini, Anda hanya perlu menunggu agar uang Anda  bergulir di pasar modal dan meraih banyak keuntungan.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *